Berapa Kadar Kolesterol Normal Dalam Tubuh ?

Berapa Kadar Kolesterol Normal Dalam Tubuh ? Pertanyaan seperti ini banyak ditanyakan oleh mereka yang memiliki masalah dengan kolesterol tinggi. Nah maka untuk itu, disini kami akan memberikan anda informasi terkait kadar kolesterok normal dalam tubuh.

Berapa Kadar Kolesterol Normal Dalam Tubuh ?

Kolesterol ?

Berbicara mengenai kolesterol merupakan senyawa lemak yang diproduksi oleh berbagai sel yang ada di dalam tubuh dan sekitar seperempat kolesterol yang dihasilkan dalam tubuh diproduksi oleh sel-sel hati.

Pada dasarnya tubuh sangat membutuhkan kolestreol untuk tetap sehat. Namun, tingkat kolesterol tinggi bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke dan buruknya sirkulasi darah.

Maka untuk itu, pemeriksaan kadar kolesterol sebaiknya dilakukan berkala agar bisa memantau kondisi kesehatan secara keseluruhan. Lalu, kapan sebaiknya kita mulai melakukan pemeriksaan kadar kolesterol ?

Untuk anda yang merokok, memiliki berat badan yang berlebihan, tekanan darah tinggi, menderita diabetes dan memiliki riwayat keluarga penyakit jantung, sebaiknya melakukan pemeriksaan kolesterol sejak usia 20 tahun.

Sedangkan untuk anda yang tidak merokok dan tidak menderita penyakit-penyakit tertentu, anda bisa melakukan pemeriksaan kolesterol sejak usia 35 tahun. Apabila hasilnya normal, maka anda bisa kembali mengeceknya setiap 5 tahun sekali. Namun, jika anda memiliki tingkat kolesterol tinggi, sebaiknya pemeriksaan dilakukan lebih sering.

Sebenarnya, kolesterol memiliki dua jenis yakni :

  1. Kolesterol Baik ( HDL-High Density Lipoprotein ) yang berguna untuk mencegah terjadinya ateroma atau penyempitan pembuluh darah akibat lemak.
  2. Kolesterol Jahat ( LDL-Low Density Lipoprotein ), dimana ini merupakan salah satu penyebab utama pembentukan ateroma.

Lalu, Berapa Kadar Kolesterol Normal Dalam Tubuh ? 

Untuk tingkat kolesterol setiap orang berbeda-beda, tergantung pada apa yang dikonsumsinya. Selain itu, setiap orang bisa memiliki tingkat kolesterol yang berbeda pula meskipun mengkonsumsi makanan yang sama. Namun pada beberapa orang, kolesterol tinggi hanya bisa disebabkan oleh faktor keturunan.

Biasanya, sebelum melakukan pemeriksaan tingkat kolesterol, anda diharuskan untuk berpuasa terlebih dahulu selama 9-12 jam. Dimana pengukuran kadar kolesterol dilakukan dengan mengetahui beberapa miligram (mg) kada kolesterol yang terdapat dalam setiap desiliter (dL) darah.

Dan berikut ini kadar normal untuk jenis-jenis kolesterol yang ada di dalam tubuh :

  • Trigliserida

Dimana lemak ini juga bisa meningkatkan risiko penyakit jantung sehingga semakin rendah tingkat trigliserida, maka akan semakin baik untuk kesehatan.

Jumlah trigliserida 150-199 mg/dL bisa dikatakan berada pada ambang batas tinggi dan 200 mg/dL atau lebih termasuk tingkat trigliserida tinggi.

  • Kolesterol Baik

Semakin tinggi tingkat kolesterok baik atau HDL, maka akan semakin baik untuk kesehatan karena HDL mampu melindungi dari penyakit jantung.

Dimana tingkat HDL minimal 60 mg/dL atau lebih bisa membantu mengurangi risiko penyakit jantung, sebaliknya tingkat HDL kurang dari 40 mg/dL justru akan menaikkan risiko penyakit jantung.

  • Kolestero Jahat

Karena bersifat jahat, maka HDL atau kolesterol jahat sebaiknya berada pada tingkat yang rendah atau bisa ditoleransi tubuh yakni kurang dari 100 mg/dL, karena jika melebihi jumlah tersebut bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti ateroma, penyakit jantung dan stroke.

  • Kolesterol Total

Dimana kolesterol total ini merupakan gabungan dari jumlah kolesterol baik, jahat, dan trigliserida dalam setiap desiliter darah. Biasanya, dengan melihat kadar kolesterol total dan HDL saja sudah bisa menggambarkan kondisi umum kadar kolesterol anda.

Namun, kolesterol total berjumlah 200 mg/dL atau lebih atau HDL kurang dari 40mg/dL, maka anda perlu melakukan pemeriksaan kolesterol lengkap yang mencakup LDL dan trigliserida.

Solusi Pencegahan Kolesterol Tinggi

Dimana untuk menjaga kadar kolesterol tetap normal, maka anda perlu menghindari jenis makanan yang mengandung lemak trans. Biasanya lemak ini bisa ditemukan pada makanan yang di goreng, margarin dan makanan ringan seperti biskuit.

Dan berikut ini ada beberapa jenis makanan yang bisa anda konsumsi agar kadar kolesterol tetap normal atau bisa menurunkan kolesterol tinggi seperti minyak zaitu, ikan, kacang-kacangan dan oatmeal.

Namun selain beberapa jenis makanan diatas agar tingkat kadar kolesterol tetap normal, anda juga bisa melakukan pencegahan dengan menggunakan Obat Kolesterol Tinggi Alami yang terbuat dari perpaduan bahan-bahan alami berkhasiat.

Nah itulah sekilas informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai berapa kadar kolesterol normal dalam tubuh ? Semoga informasi ini bisa menjawab rasa ingin tahu anda dan bisa menambah wawasan pengetahuan anda.

Simak Juga :

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*