Makanan Sehat Untuk Penderita Kolesterol Tinggi

Inilah makanan sehat untuk penderita kolesterol tinggi yang sebaiknya dikonsumsi guna untuk membantu proses penyembuhan kolesterol tinggi yang anda derita saat ini.

Ingin tahu apa saja makanan yang termasuk ke dalam daftar makanan yang baik untuk penderita kolesterol tinggi tersebut ? Silakan di simak informasi lebih lengkapnya dalam artikel ini.

Makanan Sehat Untuk Penderita Kolesterol TinggiUmumnya kolesterol tinggi ini hanya menjadi masalah pada orang tua saja, namun tidak menutup kemungkinan jika pada usia muda pun bisa menderita kolesterol tinggi ini.

Banyaknya mengkonsumsi makanan tidak sehat seperti makanan cepat saji bisa meningkatkan kadar kolesterol.Selain disebabkan oleh makanan, naiknya kadar kolesterol tinggi juga bisa disebabkan oleh pola hidup yang buruk seperti :

  • Stress
  • Keturunan atau genetik
  • Obesitas
  • Penyakit diabetes
  • Kurang olahraga
  • Kebiasaan merokok, minum beralkohol, minuman bersoda dan konsumsi kopi berlebihan

Jika kolesterol sudah bersarang di tubuh, maka bisa menyebabkan beberapa penyakit seperti serangan jantung, stroke, darah tinggi, penyakit jantung dan batu empedu.

Untuk anda yang ingin menghindari kondisi tersebut, ada baiknya jika anda segera melakukan pengobatan. Karena dengan jalan pengobatan yang cepat, maka beberapa penyakit tersebut bisa anda hindari atau cegah.

Makanan Sehat Untuk Penderita Kolesterol Tinggi

Guna untuk menurunkan tingkat kolesterol dalam darah, maka anda membutuhkan makanan sehat yang bisa menurunkan kolesterol.Berikut ini ada beberapa jenis makanan sehat untuk penderita kolesterol tingi yang bisa dikonsumsi diantaranya :

  1. Alpukat

Buah yang satu ini memiliki kaya kandungan lemak tak jenuh, diusahakan untuk mengkonsumsi alpukat dalam bentuk buah, bukan dalam bentuk jus yang sudah dicampur dengan gula.

Karena penderita kolesterol tinggi harus membatasi asupan lemak jenuh, dimana batas asupan lemak jenuh pada wanita adalah 20 gram sedangkan pada pria adalah 30 gram.

  1. Makanan Yang Mengandung Kacang Kedelai

Dimana makanan yang di maksud adalah puding kedelai tanpa gula, susu kedelai, kacang edamame dan tahu yang mengandung protein yang bisa mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

Untuk mengkonsumsinya sebanyak 0,5 ons dalam sehari sehingga dipercaya bisa mengurangi kadar kolesterol anda setidaknya sebanyak 6%.

  1. Kacang-Kacangan

Untuk manfaat dari kacang ini bia mengurangi kolesterol dalam darah karena mengandung vitamin E, protein, lemak tak jenuh, serat, magnesium dan kalium.

Dimana anda bisa menurunkan kolesterol sebanyak 5% apabila mengkonsumsi sekitar 1-2 ons kacang-kacangan dalam sehari.

  1. Ikan Dan Asam Lemak Omega-3

Ikan seperti salmon, tongkol, tuna dan sarden mengandung asam lemak omega-3 yang sangat baik untuk penderita kolesterol tinggi karena dipercapa bisa menurunkan tekanan pada darah.

Meskipun omega-3 tidak berpengaruh pada kadar kolesterol jahat (LDL) darah, namun bisa menurunkan risiko terbentuknya bekuan darah, sebaiknya konsumsilah dua hingga tiga kali dalam seminggu.

  1. Buah Dan Sayuran

Mengkonsumsi buah dan sayuran dipercaya bisa menurunkan kolesterol tinggi, karena buah dan sayur ini merupakan makanan dengan lemak jenuh yang rendah.

Apabila anda mengkonsumsinya secara berlebihan, maka anda akan lebih merasa kenyang sehingga mengurangi kemungkinan mengkonsumsi makanan dengan lemak jenuh.Selain itu, mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat seperti apel, brokoli, pir, subi, stroberi dan terung juga dipercaya bisa menurunkan kolesterol.

  1. Beras Coklat

Dibandingkan dengan beras putih, beras coklat ini memiliki lebih banyak nutrisi dan kaya akan serat.Dimaa kandungan serat pada beras coklat ini bisa membantu menurunkan kolesterol.

  1. Makanan Yang Dipercakaya Lemak Tidak Jenuh

Menjaga asupan lemak jenuh harian di bawah 20 g (wanita) dan 30 g (pria) sangat penting untuk menurunkan kolesterol.Anda bisa mengganti dengan lemak tidak jenuh seperti minyak zaitun, bunga matahari, jagung, minyak sayur, kacang dan biji-bijian lainnya.

  1. Jelai Dan Oat

Mengkonsumsi lebih banyak kedua jenis makanan ini bisa mengikat kolesterol dalam usus dan mencegahnya diserap oleh tubuh, hal ini terjadi karena kedua makanann ini mengandung serat yang disebut dengan beta glukan.

Konsumsi sekitar 3 gram makanan yang kaya akan beta glukan dalam sehari dipercaya bisa mengurangi kolesterol dalam tubuh.Selain kedua makanan ini, kacang merah juga mengandung serat larut sehingga baik dikonsumsi oleh penderita kolesterol tingi.



Nah itulah beberapa jenis makanan sehat untuk penderita kolesterol tinggi yang baik dikonsumsi. Namun selain mengubah menu makanan, menurunkan kolesterol tinggi juga bisa dibarengi dengan berolahraga secara rutin, menjaga berat badan ideal dan berhenti merokok.

Namun guna untuk mempercepat proses penurunan kolesterol tinggi, sangat dianjurkan bagi anda untuk terus dan rutin melakukan pengobatan, salah satunya anda bisa mencoba obat kolesterol tinggi alami sebagai obat untuk menurunkan masalah kolesterol tinggi anda.

Terimakasih atas kunjungannya, semoga apa yang kami sampaikan pada kesempatan kali ini bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda serta bisa menambah wawasan anda.

post by : Obat Kolesterol Tinggi Alami

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*